Sabtu, 02 Maret 2013

Kopontren Sirajul Huda Jual Madu Sumbawa

madu_sumbawa
Koperasi pesantren Sirajul Huda Adalah, koperasi nirlaba yang berada dibawah pengelolaan lembaga Pondok Pesantren Sirajul Huda Paok Dandak. Berdiri pada Tahun 2007 dan bergerak di perdagangan berbasis syariah. 

Saat ini koperasi pesantren sirajul huda sudah memiliki beberapa sub usaha yang menjadi bagian pelayanan masyarakat antara lain, Koperasi Kelontongan yang menjual aneka macam peralatan sekolah, perlatan rumah tangga dan kebutuhan pokok masyarakat yang lain. Kemudian ada Koperasi Keuangan yang di sebut Baitul maal Wat Tamwil (BMT). Dan Koperasi Kelompok Tani Al Hidayah yang membina petani di wilayah kecamatan Janapria dan Kopang.

Koperasi pesantren (kopontren) sirajul huda paok dandak saat ini telah resmi terdaftar di Dinas Koperasi khusus di sub bagian koperasi pondok Pesantren dan telah memiliki Ijin usaha yang legal formal.
Anggota koperasi pesantren (kopontren) sirajul huda terdiri dari pengurus yayasan, alumni, wali atau orang tua santri, simpatisan  serta masyarakat umum. 

Mulai tahun 2011, santri-santri diajak mengembangkan Kopontren dengan langsung terlibat sebagai berwirausaha didalamnya. Mereka juga memiliki produk sendiri yakni madu sumbawa asli yang dijual secara online melalui blog.

Madu Asli tersebut dijual dengan harga 150 ribu per botol isi 600 Ml. Keaslian madu ini tidak diragukan karena langsung diambil dari petani dan pengumpul madu langsung yang dibina oleh kopontren. []


0 komentar:

Posting Komentar